Seledri Daun

Jenis seledri yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah seledri daun. Kandungan serat kasar seledri daun ini cukup tinggi dan kalorinya rendah. Seledri yang berwarna hijau merupakan sumber vitamin A, B, dan C. Seledri juga kaya klor, sodium, kalium dan magnesium. Sodium merupakan mineral dalam seledri yang banyak diperlukan untuk berbagai kebutuhan, seperti memperlambat proses penuaan atau menjaga kemudaan sel serta menjaga kelenturan dan aktivitas otot. Fungsi seledri lainnya yang cukup penting adalah melarutkan penumpukan kalsium dalam tubuh yang menyebabkan jaringan sendi dan arteru menjadi keras. Didataran Cina, jus seledri terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Akibat kandungan seratnya yang sangat tinggi, seledri bisa mengakibatkan iritasi pada lambung yang sensitive. Dengan demikian, jika terjadi iritasi, jus seledri sebaiknya tidak diminum.

Satu batang seledri mengandung 11 mg fosfor, 0,1 mg zat besi, 16 mg kalsium, 136 mg potassium, 50 mg yodium, 110 I.U Vitamin A, 4 mg vitamin C, dan sedikit vitamin B komplek. Analisis nutrisi yang lain menunnjukkan bahwa kandungan magnesium di dalam seledri cukup besar, yakni 27-32 mg per batang. Jus seledri daun yang diminum rutin setengah gelas per hari bisa membantu menghialngkan reaksi alergi. Kandungan garam mineral yang kuat dalam seledri membuat darah mengandung alkalin.

Seledri daun kaya magnesium dan zat besi. Keduanya adalah mineral yang member gizi pada sel darah, membersihkan dan membuang deposit lemak dan membuang sisa metabolisme yang menumpuk. Tangkainya yang hijau kaya vitamin A (menjaga kemudaan sel) dan sangat baik untuk penderita arthritis, rematik, dan tekanan darah tinggi. Manfaat seledri bagi kesehatan adalah :

  1. Menurunkan tekanan darah
  2. Menjaga berat badan normal
  3. Mempertahankan kemudaan tubuh
  4. Membersihkan darah
  5. Membantu mengobati arthritis dan rematik
  6. Meringankan penderita alergi.

Sodium merupakan mineral yang terdapat dalam seledri yang banyak diperlukan untuk berbagai kebutuhan dinding lambung dan saluran usus, menjaga kelenturan dan aktivitas otot, dan melarutkan penumpukan kalsium dalam tubuh yang menyebabkan jaringan sendi dan arteri menjadi keras. Jus seledri juga mengandung zat antikanker seperti pthalin dan antoksidan. Sementara itu, kandungan seratnya yang tinggi mampu menurunkan berat badan. Seledri juga kaya akan asam amino arginin. Arginin adalah asam amino nonesensial yang dalam tubuh akan terurai menjadi aspartat dan amoniak. Arginin adalah peluruh kencing (diuretic) yang cukup baik kerjanya. Adanya zat yang bersifat diuretic tersebut membuat kerja ginjal lebih ringan sehingga tekanan darah pun normal dan tidak meningkat. Arginin bekerja sama dengan pthalides menjaga stabilitas tekanan darah.

This entry was posted in Seledri and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>